Panasonic Lumix DMC-TZ40, Kirim Foto Jadi Lebih Mudah

skintani July 7, 2013 Comments Off
Panasonic Lumix DMC-TZ40, Kirim Foto Jadi Lebih Mudah

Hi Sob, Perkembangan kamera saku saat ini sudah jauh jika dibandingkan kamera saku sepuluh tahun yang lalu. Kini, kamera saku atau disebut juga digicam sudah memiliki ukuran yang lebih kecil, dan dilengkapi sensor yang lebih berdaya tinggi dengan megapixel yang juga cukup besar. Berbagai produsen kamera mulai dikenal dengan produk digicam yang berkualitas dengan harga yang masuk akal, dan Panasonic adalah salah satu produsen tersebut dengan jajaran produk Lumix yang banyak disukai orang baik yang mengerti fotografi maupun yang menggunakannya untuk dokumentasi.

Kini Panasonic hadir dengan Lumix terbarunya, DMC-TZ40 yang merupakan lanjutan dari DMC-TZ30. Kamera pendahulunya tersebut mendapatkan ulasan yang bagus bukan karena kualitas gambar yang dihasilkan seperti kamera digital lainnya pada umumnya, namun karena mode videonya yang sangat baik, performa yang cepat dan responsive, dan kemampuan GPS yang terdapat di dalamnya. Sekarang saatnya kita buktikan apakah Panasonic DMC-TZ40 mampu meneruskan nama baik yang telah diciptakan pendahulunya tersebut.

Secara penampilan, DMC-TZ40 memang tidak berbeda jauh dengan DMC-TZ30 dengan lensa yang sama dan denah tombol yang serupa, hanya saja tombol dayanya memiliki lokasi yang berbeda. Layar sentuh pada DMZ-TZ40 juga telah memiliki perkembangan dengan resolusi 920 ribu titik dan kualitas yang menakjubkan. Kini, di DMZ-TZ40 terdapat tombol khusus di bagian belakang untuk mengakses menu wifi, yang akan sangat memudahkan dalam mentransfer foto-foto ke komputer tanpa harus menyambungkan kabel yang merepotkan. Tinggal masukkan password wifi, login Windows dan pilih folder untuk dapat mentransfer foto-foto dari DMZ-TZ40 ke komputer. Sobat juga bisa langsung menguploadnya ke Facebook, Twitter atau yang lainnya, namun akan sedikit direpotkan dengan terus mengetikkan password wifi berulang kali. Tapi dengan adanya fitur connection history akan jadi lebih mudah karena dapat mengingat sambungan yang sebelumnya digunakan.

Selain mengupload ke situs jejaring sosial langsung dari kamera, Sobat juga bisa melakukannya melalui aplikasi untuk Android dan iOS yang tersedia untuk DMZ-TZ40 yang lebih mudah dibandingkan melalui kamera. Bahkan jika perangkat Android Sobat memiliki fitur NFC, bisa langsung mengupload tanpa melakukan proses login lagi. Sobat juga bisa mengatur transfer agar dilakukan melalui kontrol yang terdapat di kamera ini, atau bahkan langsung mengirim foto tersebut segera setelah foto diambil, sebuah opsi yang sangat bermanfaat yang tidak ditemui di kamera lainnya. Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai remote control dengan tampilan langsung dan kontrol yang banyak. Anda juga bisa mengaktifkan perekaman video melalui aplikasi ini, selain juga mengatur kecepatan shutter dan bukaan di mode manual, namun tidak ada fitur untuk mengontrol ISO dari aplikasi.

Perubahan paling menonjol dari DMZ-TZ40 adalah penambahan kualitas gambar hingga 18 megapixel, sebuah resolusi yang besar untuk ukuran kamera dengan sensor yang kecil. Terdapat peningkatan dari hasil foto di mana detil tulisan dan kontras tinggi lainnya terlihat membaik dari kamera pendahulunya. Namun, masih terdapat noise yang cukup tinggi pada foto dengan tingkat ISO yang tinggi jika dibandingkan dengan kamera sejenis. Pada kenyataannya, hasil foto kamera ini nampak sangat bagus pada layar 1080p, namun akan mulai terlihat kekurangannya pada saat melakukan zoom in. Noise akan semakin meningkat saat ISO ditingkatkan, namun noise tersebut baru akan terasa mengganggu saat berada di tingkat ISO 1600 ke atas. Fokus yang nampak pada hasil foto akan semakin menurun di bagian pinggir foto, sebuah penurunan yang aneh dari kamera pendahulunya mengingat keduanya memiliki lensa yang sama.

Panasonic Lumix DMZ-TZ40 ini masih memiliki fitur yang hebat seperti pendahulunya seperti mode video yang baik dengan gambar dan suara yang bagus, autofocus yang halus, stabilisasi gambar yang baik, dan GPS yang bekerja dengan tidak memakan daya terlalu banyak. Meskipun peningkatan menjadi 18 megapixel malah memberikan sedikit penurunan kualitas gambar, namun kamera DMZ-TZ40 ini tetap menjadi kamera yang layak untuk dibeli.

Comments are closed.